26 November 2009

77 Jamaah Haji Meninggal Akibat Banjir


Banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jeddah telah merenggut nyawa setidaknya 77 jamaah haji yang tengah berjalan dari Makkah ke Mina. Jumlah korban meninggal diperkirakan terus bertambah, seperti dilansir Al-Arabiya, Kamis (26/11). Banjir sedalam 90 sentimeter itu telah merendam Jeddah dan sekitarnya, bahkan merobohkan beberapa rumah tua.

Pemerintah setempat mengatakan, kebanyakan korban meninggal akibat tenggelam atau tertimpa jembatan yang runtuh. Sebagian juga meninggal akibat tabrakan kendaraan. Sekitar 900 jamaah lainnya diselamatkan tim penanggulangan bencana setempat akibat terjebak banjir. Kecelakaan dilaporkan terjadi sekitar 80 kilometer di luar kota Jeddah.

Selain merenggut korban jiwa, banjir juga telah menyebabkan kemacetan parah di Jeddah. Setelah banjir surut, seorang saksi mata mengatakan, kemacetan tetap terjadi karena penumpukan lalu lintas di titik keluar terowongan. Badan Perlindungan Metereologi dan Lingkungan, Saudi Arabia memperkirakan, suhu di beberapa kota di negara kerajaan tersebut berada 6 derajat Celcius. (republika.co.id, 27/11/09)

0 komentar: