23 November 2009

Wanita Terpapar 515 Zat Kimia Setiap Hari

VIVAnews - Setiap hari kita pasti terpapar zat kimia baik dari produk perawatan maupun riasan. Mulai dari sabun, shampo, lipstik, lip balm, blush on dan berbagai produk kecantikan lainnya.

Menurut penelitian yang dilakukan Bionsen, sebuah perusahaan deodorant alami di Inggris, wanita setiap harinya terpapar 515 bahan kimia dari berbagai produk kecantikan. Bahan kimia yang digunakan pada kosmetik banyak juga yang merupakan bahan dasar produk pembersih rumah.

Paparan zat kimia secara terus menerus bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Seperti alergi, mengganggu keseimbangan hormon, sensitivitas kulit, bahkan kanker.

Bahan kimia yang sering menjadi bahan kosmetik adalah paraben. Hal tersebut seperti VIVAnews kutip dari situs Daily Mail. Paraben banyak digunakan pada shampo, gel rambut, dan krim pelembab kulit agar produk bisa bertahan lama.

Penggunaan paraben sebenarnya mengundang kontroversi karena beberapa penelitian menunjukkan paraben bisa memicu masalah kesehatan serius seperti kanker payudara dan masalah kesuburan pada pria.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Kyoto Prefectural University of Medicine beberapa jenis paraben yang aman juga bisa bermutasi menjadi zat kimia berbahaya. Contohnya methylparaben, yang bisa bermutasi menjadi menjadi racun berbahayan saat terkena sinar matahari. Hal itu nantinya bisa menimbulkan kanker kulit dan penuaan dini.

Methylparaben ditemukan pada banyak produk yang digunakan sehari-hari, seperti pelembab dan pasta gigi. Akan lebih baik jika Anda menggunakan produk-produk alami. Meskipun terkadang harganya lebih mahal tetapi lebih aman bagi kesehatan Anda.

0 komentar: