19 September 2009

Membaca Rubrikasi DAKTA (29 Juli 2009)

Note: tulisan ini adalah catatan hasil magang pada minggu kedua.

Tugas magang:
  1. Membuat 3 (tiga rubrikasi), yang terdiri EKBIS (Ekonomi Bisnis), Olahraga, & Tekom (Teknologi Komunikasi).
  2. Penulis hanya membaca rubrikasi EKBIS (pkl: 09.35) & Olahraga (pkl: 11.35) bersama penyiar Dakta.


Hasil pengeditan rubrikasi & dibacakan secara LIVE:


Ekbis

PT Jamsostek (persero) mengalokasikan dana Rp 76 miliar untuk program peningkatan kesejahteraan pesertanya di 2009. Program ini antara lain mencakup program pinjaman uang muka perumahan, program PKK, dan bantuan bina lingkungan. Direktur Utama Jamsostek, Hotbonar Sinaga, di Jakarta, pada Selasa menungkapkan Jamsostek bekerjasama dengan beberapa bank untuk merealisasikan program tersebut. Kepada Republika pada Selasa, Hotbonar menjelaskan pihaknya sudah bekerjasama dengan BTN dan BNI. Menurut Hotbonar, kedua bank tersebut sudah memiliki perjanjian kerjasama dengan PT Jamsostek.

Direktur Telematika Direktorat Jenderal Industri Alat Transportasi dan Telematika Departemen Perindustrian RI, Ramon Bangun, mengatakan, industri telekomunikasi nasional diharapkan memulih mulai tahun 2010. Ramon, di Jakarta, pada Selasa menekankan, akibat resesi dunia sepanjang tahun 2009 ini, industri telekomunikasi mengalami tekanan berat. Indikasi utama, terjadi penurunan pertumbuhan menjadi 7-8 persen akibat penurunan permintaan pasar lokal, regional maupun global.

Badan Usaha Milik Daerah Jabar sudah tidak dapat mengakses suntikan modal dari APBD Jabar mulai tahun depan. Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, di Bandung, pada Selasa mengatakan Pemprov Jabar hanya akan menyalurkan suntikan modal kepada BUMD yang memiliki business plan yang profitable. Heryawan menjelaskan, mulai saat ini seluruh BUMD Jabar diminta mengajukan business plan ke gubernur. Menurutnya, hal itu akan dikaji oleh pakar bisnis independent. Dalam pengkajian business plan itu juga tidak melibatkan birokrat. Lebih lanjut, pihaknya menegaskan, hasil kajian tersebut akan dijadikan indikator dalam menentukan suntikan modal.

PT Pertamina Gas dan sebuah BUMD kabupaten Bekasi, sepakat bekerja sama untuk melakukan kegiatan usaha pemanfaatan gas hasil produksi PT Pertamina EP di Kabupaten Bekasi. Kedua belah pihak menyepakati tentang ekstraksi C3 dan C4 menjadi LPG, pembangunan SPBE dan mini power plant serta ikut dalam program pemerintah terkait pengembangan gas kota. Dirut Pertamina Gas, Suharyanto, saat penandatanganan MoU antara PT Pertamina Gas dan PT Bina Bangun Wibawa Mukti, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, pada Selasa mengatakan, Investasi Pertamina Gas sekitar 27 juta dollar AS.


Olahraga

Striker Persib Bandung Christian Gonzales akhirnya menerima bonus dari Badan Liga Indonesia sebagai top scorer atau pencetak gol terbanyak pada Liga Super Indonesia 2008-2009. Ketua Harian Pengda PSSI Kota Bandung yang juga Sekda Kota Bandung Eddy Siswadi, di Bandung, pada Selasa mengatakan, Gonzales mendapat bonus senilai Rp 37,5 juta di sela-sela pelepasan tim Persib yang akan mengikuti Turnamen Selangor Cup 2009 di Selangor, Malaysia. Persib merekrut Gonzales saat menjelang putaran kedua dan tampil sebagai top scorer pada Liga Super Indonesia 2008-2009 dengan mencetak 28 gol.

Pelatnas Pratama menerjunkan 38 dari 39 atlet binaannya dalam Djarum Sirkuit Nasional Bulutangkis Jawa Timur Open 2009. Reyna Soewarni, sektor tunggal putri satu diantara atlet Pelatnas Pratama, terpaksa absen di Sirkuit Nasional ini karena sakit. Pelatih Pelatnas Pratama Sektor Ganda, Edwin Iriawan, di Surabaya, pada Selasa mengatakan, tetap optimis dalam menargetkan hasil lebih baik dari Sirkuit Nasional di Tegal. Edwin menambahkan Prestasi yang diraih Pelatnas Pratama saat ini baru di posisi runner up di Ganda Dewasa Putra dan semifinalis Ganda Dewasa Putri.

Arsitek Manchester United, Sir Alex Ferguson telah meminta striker baru, Michael Owen, untuk mencetak minimal 15 gol musim depan. Striker MU lainnya, Wayne Rooney, juga mengatakan ambisinya untuk mencetak 20 gol di musim mendatang. Rooney, di London, pada Selasa menambahkan, ingin mencetak gol lebih banyak dibandingkan musim sebelumnya. Setelah berkunjung di Asia berakhir, MU akan menghadapi lawan lebih tangguh di turnamen persahabatan Piala Audi di Jerman dan akan bertemu Boca Juniors hari ini. MU juga akan menghadapi pemenang pertandingan Bayern Muenchen melawan AC Milan, 24 jam kemudian.

Dua pecatur andalan Indonesia, Irene Kharisma Sukandar dan Susanto Megaranto, gagal meraih tiket kejuaraan dunia catur. Pasalnya, mereka kalah di babak kedelapan kualifikasi Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City, Vietnam, pada Selasa. Humas PB-Percasi, Kristianus Liem di Jakarta, pada Selasa mengatakan, Susanto hanya mampu bermain remis lawan MF Ton That Nhu Tunh pada langkah ke-34 Serangan Trompowsky. Susanto tidak dapat memaksakan kemenangan karena Ton yang puas remis sengaja menukar para perwira sebanyak-banyaknya.


Tekom

LG akhirnya meluncurkan ponsel transparan pertama di dunia, LG GD900, setelah sempat memukau pengunjung Communicasia. Ponsel ini disebut transparan karena materi yang diusungnya menggunakan kristal, sehingga mirip dengan sebuah kaca Materi kristal yang terletak di wilayah keypad di bagian slider bawah, dan memiliki teknologi layar sentuh. LG menyebutnya dengan teknologi Crystal Touchpad. Bingkai yang terbuat dari liquidmetal dan campuran alloy melindungi di sekitar Crystal Touchpad. Kristal ini tidak hanya mampu membaca sentuhan tapi juga gerakan multi-touch yang mengenai badan keypad. Selain desain yang mewah, LG GD900 juga dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel dan pemutar musik MP3. Untuk ruang penyimpanan, LG memberikan memori sebesar 32GB dari kartu memori tambahan.

Rangkaian blogging workshops mengawali Pesta Blogger 2009 yang akan digelar 24 Oktober mendatang. American Corner Universitas Muhammadyah, Malang, pada Selasa, menjadi kota pertama yang dikunjungi Pesta Blogger, sekaligus menjadi kota pembuka untuk rangkaian Blogshops tersebut. Ketua Panitia Pesta Blogger 2009, Iman Brotoseno, di Malang, mengatakan Blogshops sudah resmi berjalan dan ditandai dengan hari pertama penyelenggaraan di Malang. Iman menambahkan pihaknya memberikan apresiasi kepada komunitas blogger Malang, yang sudah menyukseskan blogging workshop tersebut.

Fujifilm berencana meluncurkan kamera digital berbasis 3D bernama Fujifilm Fine Pix Reald 3D W1 pada September nanti. Kamera saku ini akan menjadi kamera berbasis 3D pertama di dunia. Fujifilm dalam risetnya bertahun-tahun, mengembangkan "Real 32D Lens System", kamera 10 mega piksel itu akan diperkuat dua lensa yang dibalut bahan aluminium guna menahan goncangan dan getaran saat pengambilan gambar. Keberadaan dua lensa dalam satu kamera memudahkan anda mengambil gambar dengan beragam sudut. Tidak hanya itu, CCD (Charge Couple Device) alias sensor akan melengkapi kamera ini.

Negara Inggris selangkah lebih maju menunjukkan kepeduliannya terhadap para pengguna situs jejaring Twitter. Pemerintahan Ratu Elizabeth itu meluncurkan buku panduan menggunakan Twitter yang dikhususkan bagi pegawai negeri sipil (PNS) setebal 20 halaman. Seiring dengan meningkatnya popularitas penggunaan Twitter di kalangan pegawai pemerintahan Inggris, membuat Inggris merasa perlu memberikan edukasi yang tepat bagi PNS yang menggunakan situs mikroblogging tersebut.

0 komentar: