19 September 2009

Membuat Rubrikasi Radio DAKTA 107 FM (23/07/09)

 Note: Ini adalah catatan hasil Magang di Radio DAKTA pada minggu pertama Dakta
  • Rubrikasi dalam radio Dakta merupakan berita berat yang dibacakan secara soft news/ringan.
  • Rubrikasi terdiri dari 6 (enam) rubrik, dimana masing-masing rubrik terdiri dari 4 (empat) macam berita.
  • Rubrikasi terdiri dari: Rubrik EKBIS (Ekonomi Bisnis), Olahraga, TEKOM (Teknologi & Komunikasi), Syariah, Pendidikan, TIMTENG (Timur Tengah) 
  • Ket: penulisan berita dalam bentuk verdana ukuran font 12 & 1 spasi.
Hasil pengeditan rubrikasi yang dibuat oleh penulis tanggal 23 Juli 2009



EKBIS

Pasca peledakan bom di Hotel JW Marriot dan Rizt Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat silam, tidak akan mempengaruhi perekonomian Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Indef, M Ikhsan Modjo kepada okezone.com, pada Rabu. Walaupun, dalam jangka pendek bom di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton akan sedikit berpengaruh terhadap pariwisata dan aktivitas perjalanan. Namun, dampak ini hanya bersifat sementara. Sebaliknya, momentum penguatan ekonomi domestik ke depan agaknya tidak akan tertahan.

Negara-negara di Uni Eropa tercatat sebagai negara yang terbanyak menawarkan peluang kerja pada tenaga kerja Indonesia dalam tiga bulan terakhir. Permintaan tersebut terutama pada tenaga kesehatan, demikian disampaikan Direktur Pengembangan Pasar Kerja Binapentas, Depnakertrans, Reyna Usman Ahmadi, di Makassar, Rabu lalu. Selain tenaga perawat, tenaga kerja di bidang jasa pariwisata dan tenaga kerja di kapal-kapal pesiar juga dibutuhkan oleh negara-negara tersebut. Amerika, Australia, dan Jepang juga termasuk negara yang membutuhkan banyak tenaga kerja dari Indonesia.

Harga minyak bervariasi pada Rabu waktu setempat karena kehati-hatian baru. Hal ini mendorong pedagang menempatkan rem di pasar dan mencerna berita tentang penurunan stok energi AS sesui dengan prakiraan. Kontrak berjangka utama New York, minyak mentah "light sweet" untuk pengiriman September, turun 21 sen untuk ditutup pada 65,40 dollar AS per barrel. Sedangkan di London, minyak mentah "Brent North Sea" untuk pengiriman September naik 34 sen menjadi menetap di 67,21 dollar AS per barrel. Departemen Energi AS (DoE) pada Rabu mengatakan, bahwa persediaan minyak mentah Amerika merosot 1,8 juta barel pada minggu yang berakhir 17 Juli.

BP Migas mengungkapkan, Kilang Tangguh, Papua akan mengapalkan 56 kargo gas alam cair kepada para pembeli pada tahun 2009. Kepala Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), R Priyono di Jakarta, mengatakan, perincian pengapalan tersebut adalah Fujian, China sebanyak 17 kargo, Posco, Korea Selatan delapan kargo, K-Power, Korsel 12 kargo, dan Sempra, AS 19 kargo. Proyek LNG Tangguh ini dikerjakan konsorsium yang dipimpin perusahaan migas asal Inggris, BP Plc. Kapasitas kilang Tangguh mencapai sebesar 7,6 juta ton per tahun dengan cadangan gas sebesar 14 triliun kaki kubik.

OLAHRAGA

Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, usai mengumumkan struktur baru PSSI di Jakarta, Rabu lalu, menargetkan Timnas U-23 menembus babak final di ajang multi event SEA Games 2009 Laos. Untuk persiapan Timnas sendiri akan dilaksanakan dalam Pelatnas jangka panjang mulai 1 Agustus 2009.Nurdin mengatakan, Timnas akan melakukan empat kali uji coba, dua laga uji coba akan dilaksanakan di dalam negeri dan dua kali uji coba dilakukan di luar negeri. Sementara untuk timnas senior PSSI, Nurdin Halid menegaskan bahwa pada 5-8 Agustus, PSSI tetap mengagendakan dua uji coba di Jakarta, yakni melawan tim Malaysia dan China.

Sekitar 200 orang memadati Sekretariat Panitia lokal (LOC) Tur Manchester United, antri menukarkan uang pengembalian tiket MU, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu lalu. Tiket terpaksa ditukarkan lagi karena pertandingan MU melawan Indonesia All Star yang sedianya dilaksanakan 20 Juli lalu di Jakarta, batal digelar akibat Bom Mega Kuningan, Jakarta. Panitia mendirikan tenda besar untuk memudahkan para pengantir penukar tiket yang berbaris rapi dan harus mengambil dulu nomor urut sebelum dipanggil masuk ke kantor panitia.

Kepala aerodinamika Ferrari John Iley akan meninggalkan tim berbasis di Maranello pada penghujung tahun ini. Menurut autosport, Hari ini, pria Inggris yang bergabung dengan The Prancing Horse untuk menempati satu posisi baru pada November 2003 tersebut, dipastikan tidak akan memperpanjang kontraknya. Baru-baru ini diskusi dengan tim Ferrari mengenai masa depannya sudah dilakukan. Kedua kubu sepakat tidak akan memperbarui kesepakatan mereka. Kabar mundurnya Iley datang setelah Ferrari mengalami masa sulit memaksimalkan mobil F60. Tahun ini, mobil jagoan Ferrari tersebut belum mempersembahkan kemenangan untuk Kimi Raikkonen maupun Felipe Massa.

Striker asal Brasil, Ronaldo, akan mencoba profesi baru. Mantan pemain Barcelona, Inter Milan, Real Madrid, dan AC Milan ini akan berperan sebagai dirinya sendiri dalam sebuah film Iran. Ronaldo sudah menyetujui berperan dalam film yang akan menceritakan tentang gadis Palestina yang bermimpin ketemu dengannya. Dia akhirnya meninggal dunia sebelum impiannya terwujud. Film ini akan mulai pengambilan gambar di Lebanon pada September nanti, tapi belum diberi judul. Film ini berdasarkan kisah nyata tentang Alneyrab. Gadis 13 tahun ini sangat ingin bertemu Ronaldo saat mengunjungi Timur Tengah untuk kegiatan kemanusiaan pada 2005. Dia hanya bisa melihat bintang pujaannya dari jauh. Dia akhirnya tewas akibat konflik di daerahnya.


TEKOM

Fujifilm berencana meluncurkan kamera digital berbasis 3D bernama Fujifilm Fine Pix Reald 3D W1 pada September nanti. Kamera saku itu bakal ditasbihkan menjadi kamera berbasis 3D pertama di dunia. Diawali dengan riset yang dilakukan Fujifilm bertahun-tahun dalam mengembangkan "Real 32D Lens System", kamera 10 mega piksel itu akan diperkuat dua lensa yang dibalut bahan aluminium guna menahan goncangan dan getaran saat pengambilan gambar. Keberadaan dua lensa dalam satu kamera memudahkan anda mengambil gambar dengan beragam sudut. Tak sampai situ, kamera ini akan dilengkapi CCD (Charge Couple Device) alias sensor yang wajib disisipkan pada piranti kamera moderen.

Mulai akhir tahun ini, Google akan membuka layanan baru yang diberi nama Google Wave. Layanan ini merupakan integrasi antara fungsi email, chat, dan blog dalam satu kolaborasi sehingga mungkin akan menggeser layanan-layanan terpisah yang kini ditawarkan Google. Proyek Google Wave pertama kali diperkenalkan dalam sebuah konferensi pada akhir Mei lalu. Namun sampai saat ini layanan tersebut baru diuji coba 6000 developer. Dan Peterson, produk manajer Google Wave mengatakan dalam blognya, dalam waktu dekat akan diuji coba kepada publik. Mulai 30 September 2009, layanan tersebut akan ditawarkan kepada 100.000 pengguna awal di wave.google.com.

Tak mau kalah dengan XL yang sukses dengan Nexian G900, Indosat Kamis malam lalu, merilis Handphone Online, Nexian G911. Ponsel ini dilepas dengan harga Rp 999 ribu, sama dengan G900. Group Head Integrated Marketing, Fuad Fachroeddin, memberikan keterangan, Handphone Online membuat pelanggan dapat dengan mudah menikmati semua manfaat termasuk bonus yang diberikan untuk terus online dan berkomunikasi kapan pun dan di manapun. Pada paket penjualan terdapat kartu perdana Mentari dan IM3, memory card 1GB, MP3 dari penyanyi Saykoji 'On Line' dan Soul ID 'Boogey Time'. Pada ponsel ini juga terdapat aplikasi built in facebook, Opera Mini, Mig33 dan I-Go.

Salah satu pembuat situs di Jepang, punya ide untuk menciptakan restoran yakiniku virtual. Dengan mengakses situs ini, pengunjung bisa menikmati yakiniku layaknya memakan yakiniku sungguhan. Para penggemar yakiniku di Jepang hanya perlu mengunjungi situs Air Yakiniku yang beralamat di airyakiniku.cosaji.jp, dan menikmati daging panggang khas Jepang tersebut secara virtual sesuai dengan yang mereka pesan. Mereka pun bisa mengunduh sebuah template untuk membuat celemek yang akan mencegah makanan dan minuman virtual yang mereka makan mengotori baju.

SYARIAH 

Setelah memperoleh izin rekomendasi syariah dari DSN MUI, tim pembentukan BCA Syariah tak membuang-buang waktu. Segala hal pun dipersiapkan untuk memenuhi syarat perizinan sebagai bank syariah ke Bank Indonesia. Salah satu tim pembentukan BCA Syariah, Yana Rosiana mengatakan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan infrastruktur baik IT, SDM, SOP (Standar Operasi dan Prosedur) serta strategi konversi dari bank konvensional ke bank syariah. Dalam memulai operasinya sebagai bank syariah, BCA Syariah belum akan terlalu banyak membuka jaringan kantor dan baru terbatas hanya di Jakarta dan Surabaya saja.

Menteri kesehatan negara Arab, di Kairo, Rabu lalu, sepakat untuk melarang orang tua, serta anak yang berusia di bawah 12 tahun dan orang yang sakit kronis menunaikan Ibadah Haji di Arab Saudi. Karena kekhawatiran mengenai virus flu babi H1N1. Abdullah ar-Rabeeah mengatakan, setelah satu pertemuan menteri kesehatan Arab dan utusan Organisasi Kesehatan Dunia, takkan mengubah persentase bagi negara mana pun. Juru bicara WHO Ibrahim al-Kerdani mengatakan keputusan tersebut harus disahkan oleh semua menteri kesehatan, termasuk dari pemerintah Arab Saudi, meskipun Direktur Regional WHO Hussein Gezairi mengatakan itu kelihatannya akan disepakati.

Ketua Umum Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FKKBIH), Abdil Majid mengatakan, di Jakarta, Rabu lalu, meminta kepada kantor imigrasi dan kantor Depag untuk membantu dan mempermudah pembuatan paspor bagi para calon haji. FKKBIH juga meminta agar kantor imigrasi dan kantor Departemen Agama, melayani para calon jamaah haji secara maksimal dalam pembuatan paspor. Serta meminta agar dalam proses pembuatan paspor, para tamu Allah tak dikenakan pungutan di luar biaya penyelenggaraan ibadah haji 2009, yang telah ditetapkan pemerintah dan DPR.

Pemerintah harus proaktif dalam meyakinkan investor bahwa Indonesia cukup aman. Pasalnya ruang investasi di Indonesia masih cukup luas.General Manager Islamic Banking and Finance Institute Trisakti, Muhammad Shodiq, mengatakan di Jakarta, Senin lalu, loan to gross domestic product Indonesia yang masih sekitar 25 persen membuat ruang investasi terbuka lebar. Shodiq menambahkan negara lain seperti Malaysia room untuk investasi sudah penuh dengan loan to GDP-nya sudah sekitar 95 persen, tapi di Indonesia masih ada room untuk tumbuh 75 persen. Karena itu, lanjutnya, pemerintah dan Bank Indonesia juga harus dapat berperan secara proaktif untuk meyakinkan investor.


PENDIDIKAN

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang berupaya terus mengembangkan kurikulum ekonomi berbasis syariah untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di bidang tersebut. Dekan Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang, Muhyidin mengatakan di Semarang, Rabu lalu, hal ini dilakukan menyusul semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi berbasis syariah dalam beberapa tahun terakhir. Ia mengatakan, spesialisasi studi tentang ekonomi Islam di IAIN walisongo yang telah berjalan hingga saat ini adalah program studi manajemen, akuntansi Islam, dan ekonomi. Sementara, program studi manajemen berkonsentrasi dalam materi manajemen pemasaran Islam, manajemen keuangan Islam, manajemen produksi Islam, dan manajemen SDM Islam.

Menteri Negara Lingkungan Hidup, Rahmat Witoelar dijadwalkan akan membuka Konferensi Nasional Lingkungan Hidup 2009 di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Hari ini. Konferensi yang berlangsung selama empat hari menghadirkan 50 mahasiswa yang mewakili 23 universitas dari seluruh Indonesia. Deputy Director Corporate Communications UI, Devie Rahmawati dalam siaran persnya di Depok, Rabu lalu, menjelaskan, konferensi ini merupakan rangkaian kegiatan Simposium Nasional Lingkungan 2009. Kegiatan simposium antara lain talkshow dengan tokoh-tokoh yang berperan untuk lingkungan, pelatihan, dan workshop, dan berbagai jenis lomba.

Universitas Indonesia (UI) berkomitmen mengurangi angka pengangguran di Indonesia dengan mengganggarkan dana Rp 2 miliar untuk merangsang lulusan lembaga pendidikan itu menjadi pengusaha. Deputy Director Corporate Communications, UI, Devie Rahmawati, mengatakan hal itu di Depok, Rabu lalu. Dia menuturkan, dalam penyelenggaraan program ini, semua pelatihan, kegiatan magang, pendampingan serta permodalan yang dikelola EC tidak memungut biaya dari pesertanya. Calon penerima dana penyertaan modal akan mengikuti lebih dulu pelatihan wirausaha untuk memotivasi dan memberikan pengayaan manfaat dari membuka usaha sendiri.

Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) kembali menyabet satu medali emas dalam ajang Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) ke-40 di Meksiko pada 12 hingga 19 Juli 2009. Tahun ini IPhO diikuti 317 siswa dari 71 negara. Team Leader TOFI, Dr Kamsul Abraha, kepada pers, di Jakarta, rabu lalu, prestasi di Meksiko kali ini kembali mengulang prestasi siswa-siswa TOFI pada IPhO ke-38 2007 di Iran. Menurut Kamsul, kelima siswa Indonesia yang tergabung dalam TOFI 2009 semuanya meraih medali. Kelima siswa itu adalah Fernaldo Richtia Winnerdy (SMAK BPK Penabur Banten) yang menyebet emas.


TIMTENG

Kekhawatiran terhadap merebaknya flu babi semakin meningkat. Organisasi Kesehatan Dunia, yang menyatakan flu babi menjadi pandemi, atau epidemi global, mengatakan minggu ini akan terus bertambah karena penularannya yang semakin meluas. WHO melaporkan hampir 95.000 kasus termasuk 700 orang meninggal (setelah dua minggu sebelumnya baru 429 orang) karena flu babi di seluruh dunia.
Merebaknya virus H1N1 ini kemudian berdampak pada masalah pelaksanaan ibadah haji pada bulan November mendatang. Pemerintah Mesir akan memperketat haji dan umrah setelah seorang jemaah asal Mesir, Wafah Salim, 25 tahun, ibu rumah tangga, penduduk Tanta, Mesir Barat, yang positif terkena flu babi meninggal sepulang dari umrah pertengahan bulan ini.

Sebuah berita yang belum bisa dikonfirmasikan kebenarannya menyatakan bahwa pejabat AS telah meyakini anak laki-laki dari Usamah bin Laden pimpinan tertinggi gerakan Al-Qaidah-Saad bin Laden telah terbunuh dalam sebuah serangan misil Amerika di Pakistan. Saad bin Laden dilaporkan menghabiskan hari-harinya di bawah tahanan rumah di Iran sebelum dia melakukan perjalanan ke Pakistan tahun lalu, menurut mantan direktur intelijen nasional Mike McConnell. Seorang pejabat senior pada AS Counterterrorism mengatakan bahwa tanpa tubuh dari Saad untuk di test DNA nya, akan sulit untuk sepenuhnya meyakini bahwa putra Usamah bin Laden tersebut telah wafat. Namun agen rahasia AS meyakini bahwa 80 sampai 85 persen mereka yakin bahwa yang mereka tembak itu adalah Saad bin Laden.

Dalam laporan setebal 69 halaman, organisasi pemantau hak asasi manusia Amnesty International (AI) menyatakan negara Arab Saudi telah banyak melakukan pelanggaran HAM dalam upaya pemberantasan terorisme di negara itu. Menurut AI, ratusan ribu orang ditangkap sejak Saudi menyatakan ikut berpartisipasi dalam kampanye perang melawan teror yang digelar sekutunya, AS pasca serangan 11 September 2001. Saudi menangkapi mereka dengan alasan keamanan negara. Setelah ditangkap, mereka ditahan di tempat yang dirahasiakan dan tidak diberi akses untuk didampingi pengacara atau dikunjungi keluarganya selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Menghafal Alquran mestinya memang tak mengenal waktu dan usia. Di Arab Saudi, gerakan menghafal Alquran masuk ke mana-mana, termasuk penjara yang bisa mengurangi hukuman (remisi). Bagi remaja kasus narkoba juga diwajibkan menghafal Alquran, sebagi sanksi khusus. Gerakan menghafal biasa dilakukan anak-anak, remaja, dan dewasa 40 tahunan. Namun, kali ini berbeda. Muhammad Abdullah Musa yang sudah berusia 70 tahun berhasil menyelesaikan hafalan Alqurannya dan lulus dengan penghargaan dari Lembaga Tahfizul Quran, Jeddah, dengan nilai 91. Acara diselenggarakan hari Kamis, 16 Juli kemarin di Masjid Raja Abdul Aziz, Jeddah.



0 komentar: